Sunday 6 October 2013

Pengalamanku Patah Tulang Selangka kanan (Clavicula)

Patah Tulang Selangka kanan

Mendengar yang namanya patah tulang pasti membuat kita merasa ngeri karena tulang itu adalah ibarat fondasi kuat yang menopang tubuh kita, nah apa jadinya jika ada bagian tulang yang patah?. Patah tulang akan mengakibatkan trauma dan aktivitas rutin harian pun ikut terganggu.Kita sebagai manusia normal pasti tidak pernah ingin sakit apalagi sampai ada kejadian patah tulang, Tapi yang namanya musibah memang tidak bisa dihindari jika kita memang sedang apes.

Saya sendiri sudah mengalami yang namanya patah tulang atau bahasa medisnya itu "Fraktur" yang disebabkan karena kecelakaan motor.Kronologisnya waktu itu adalah hari Sabtu 4 Mei 2013, sekitar pukul 14.30 di jalan Raya Bogor, ciracas, Saya yang selesai dari tempat olahraga menuju kampus dengan menunggangi kebo besi kebanggaan saya alias motor Byson..hehe dengan kecepatan motor kira-kira 50-60 kpj tiba-tiba dari belakang saya di sruduk pengendara motor lain membuat saya terpental ke arah kanan dan sempat menyenggol 2 pengendara motor lainnya yang ada di samping kanan saya. Saya pun terjatuh ke aspal dengan posisi bahu kanan mendarat lebih dulu dan sepintas bunyi "PRAAKKKK" terdengar. Dengan keadaan menahan sakit ditengah jalan saya pun dibantu bangun orang-orang sekitar ke tepi jalan dan meneriaki pengendara yang menyeruduk saya, pengendara itu tidak terjatuh dan sigap langsung melarikan diri, sungguh tidak bertanggung jawab dan berkeperimanusiaan orang itu, hemm. Saya yang merasa kesal juga merasakan sakit pada daerah bahu kanan. Tangan kanan saya juga terasa lemas dan sakit jika digerakkan, ternyata saat memegang bahu kanan saya seperti ada tonjolan bengkok, saya sudah berpikir ini pasti patah tulangnya, huaaaa..dengan kondisi seperti itu, saya menelepon kakak saya untuk menjemput saya dan langsung di antar ke rumah sakit Tugu Ibu Cimanggis untuk diperiksa dokter jaga. Setelah di periksa dengan hasil rontgen diketahui bahwa saya menderita patah tulang clavicula dextra (selangka kanan) ..woalahhh..saya disarankan menemui spesialis tulang hari selasa karena di rumah sakit tersebut dokter orthopedinya hanya ada di hari selasa dan jumat, saya hanya diberikan sling arm untuk menopang tulang agar tidak bergeser jauh dan suntik tetanus guna menghindari infeksi dari luka-luka lecet, setelah itu saya di izinkan pulang.

Pengobatan Alternatif

Sesampainya di rumah, Ayah yang sudah menunggu menyarankan saya untuk berobat alternatif pada ahli sambung tulang di daerah kalisari, Saya pun setuju karena patah tulang harus di obati segera. Berobat di tempat ahli tulang, saya merasa tersiksa karena tulang yang patah dipijit dan ditarik paksa (menurut saya), lalu diberi sejenis minyak kelapa dan bahu kanan saya hanya di bebat dengan kain perban beberapa lapis agar posisi tulang yang sudah dibenar
n tidak bergeser lagi selama jangka waktu 40 hari kata ahli sambung tulang tersebut. Selama masa itu saya tidak boleh melakukan aktivitas dengan tangan kanan. kejadian ini membuat saya harus berada di rumah saja dan membuat saya stress karena harus izin sakit dari kantor dan memikirkan kuliah yang pada saat itu sudah mendekati UTS.

Setelah berjalan satu setengah bulan berobat alternatif dengan kontrol kesana setiap 5 hari, Tulang yang patah tidak menyambung sama sekali (malunion) berdasarkan hasil rontgen kedua yang saya lakukan setelah membuka perban. Saya akhirnya putus asa karena saya sudah sabar menunggu lama tapi tidak menyambung. Saya kembali menemui ahli tulang dan menanyakan hal tersebut tapi saya malah disuruh memakai perban lagi dan tidak ada jawaban memuaskan tentang nasib tulang yang patah.

Pengobatan Medis

Saya pun mulai berpikir untuk melakukan pengobatan medis saja, Setelah saya browsing sana sini mempelajari kasus patah tulang dan berbagai penanganannya memang seharusnya patah tulang dilakukan operasi agar penyambungan sempurna, khususnya pada kasus patang tulang selangka. Tulang selangka adalah satu-satunya tulang yang letaknya horizontal dalam susunan tulang. Saya sudah banyak membaca dari kasus patah tulang selangka di internet bahwa pada bagian tersebut memang rentan patah dan banyak dialami sebagian orang jika kita terjatuh atau terbentu cukup keras pada bahu, biasanya menimpa olahragawan,korban kecelakaan atau jatuh dari ketinggian,hemmm. dengan melakukan tindakan operasi, Tulang yang patah akan dibetulkan posisinya secara sempurna dengan di pasang plate dan screw berbahan stainless yang aman dalam tubuh. Karena saya lumayan takut dengan yang namanya operasi..hehe, Saya juga mencari info tentang dokter ahli orthopedi yang telah berpengalaman dalam kasus patah tulang dan akhirnya saya dapat dokter Orthopedi yaitu Dr.Muki yang praktek di RS Siaga Raya Pasar Minggu.

Singkat cerita setelah berkonsultasi dengan  Dr.Muki, Saya sepakat dilakukan operasi pada hari kamis tanggal 20 Juni 2013. hari yang cukup menakutkan dalam hidup saya pun tiba karena saya akan dibius kemudian dibedah sesuka hati oleh para dokter..hehe.. dengan memasuki ruangan operasi yang dingin mungkin dengan suhu sekitar 5-10 derajat celcius saya di ajak ngobrol oleh para dokter sambil menyuntikkan sesuatu dalam tubuh saya, tiba-tiba mata sudah terbayang-bayang dan "plekkk"..pulas tenannn.. bangun-bangun sudah ada di kamar rawat dengan dijaga oleh ayah dan kakak dengan bahu kanan yang terasa perih karena luka operasi.. aduhhhhhh gak mau ingat-ingat lagi rasanya... saya menahan perihnya selama 3 hari hingga luka operasi mengering dan kontrol ke dokter seminggu kedepan.

Setelah satu bulan pasca operasi, saya sudah diperbolehkan untuk menggerakkan tangan kanan saya secara perlahan-lahan, namun terasa sakit karena kaku otot yang sudah hampir dua bulan tidak di gerakkan setelah insiden patah,alternatif hingga operasi. masuk bulan ke dua saya sudah bisa mengangkat tangan kanan saya secara full ke atas tanpa rasa sakit lagi dan bulan ke tiga sudah boleh bawa motor lagi :D ..tentunya dengan izin Dokter terlebih dulu.

Kesimpulan 

Tulang yang patah sebenarnya akan menyambung sendiri, tugas ahli sambung tulang atau pun dokter hanyalah membetulkan posisi tulang dan membiarkannya menyambung dengan sendirinya. tapi melihat kasus patah tulang ada baiknya kita lebih bijak memilih jalur pengobatan yang kita pilih sehingga kita tidak membuang waktu dan dana yang intinya kita berkeinginan untuk sembuh dan dapat beraktivitas seperti sedia kala

Waktu yang diperlukan supaya tulang dapat tersambung kembali adalah 3 bulan. Paling cepat 1,5 bulan yang dipengaruhi usia, semakin muda semakin cepat nyambung. Selama masa penyembuhan kita tidak boleh melakukan aktivitas yang membebani tulang. Semakin banyak waktu istirahat akan semakin cepat pula proses penyembuhannya.Pada kasus patah tulang selangka kita harus ekstra hati-hati karena banyak kejadian belum sampai nyambung tulangnya patah lagi. Paling banyak terjadi waktu tidur yang menyamping pada bagian yang patah dan terjatuh sehingga pen yang di pasang bisa bengkok bahkan membuat tulang yang belum kuat menyambung patah lagi.








54 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. 3 hari yang lalu saya juga mengalami kecelakaan hingga klavikula kiri saya patah, nah yg mau saya tanyakan :
    selama 3 hari pertama itu nyerinya seperti apa ya, apakah menyakitkan sekali?
    sebulan pertama pakai pen belum boleh bergerak2 ya?
    rasanya pakai pen gimana mas, nyeri2 ato ngilu2 gitu nggak?
    mas skr sudah copot pen? rasanya bagaimana mas? sudah boleh angkat berat atau ng gym gitu nggak mas?
    hehe, terimakasih jawabannya

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mau tanya kisaran berapa ya biaya operasinya?

    ReplyDelete
  7. thn 2013 patah tulang selangka kanan,dioperasi habis 15 jt alhamdulillah ditangung semua oleh pihak jamsostek.krn dah hampir 2 thn..thn 2015 renc mau lepas pen..kali ini pake tabungan sendiri..doakan lancar hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin lepas pen,,bisa gak pakai jamsostek,,karena waktu operasi pertama pasang pen pakai jamsostek,,,mohon infonya,,,terimakasih..

      Delete
  8. Saya sedang dalam penyembuhan patah tulang selangka kanan,sudah 1 bulan
    saya ingin bertanya tentang rasa sakit saat menggerakan tangan,gerakan apa yg dilakukan kemudian obat penghilang rasa sakit nyeri otot dan apa juga sering merasa kesemutan?
    Terimakasih sebelum nys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong dg saya,,
      Saya patah tulang selangka kiri,,sdh 1 bln tangan saya sdh bisa bergerak,,memang agak nyeri dikit,,tapi kata dokter yg ngoperasi saya gak apa,,agar tdk kaku ototnya,,memang harus di gerakin,,,

      Delete
    2. Saya sering kesemutan,gerak nya sudah lumayan saya sudah bisa garuk kepala tetapi belum bisa sentuh telinga kiri

      Delete
    3. Saya sering kesemutan,gerak nya sudah lumayan saya sudah bisa garuk kepala tetapi belum bisa sentuh telinga kiri

      Delete
    4. Saya sering kesemutan,gerak nya sudah lumayan saya sudah bisa garuk kepala tetapi belum bisa sentuh telinga kiri

      Delete
  9. Klo saya,,saya paksain tapi pelan pelan sentuh telinganya,,,memeng agak kaku,,tapi sesudah itu agak lumayan enteng tangan..di coba dulu,,psti bisa,,

    ReplyDelete
  10. Iya saya juga udah bisa sentuh telinga kiri,semoga cepat sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke,,sama sama semoga lekas sembuh juga ya,,

      Delete
  11. Baru 4minggu uy. Slngka kiri patah. Blom bisa nyentuh telinga kanan hmm. Ga krasa sakit sih. Cuma srasa ada yg gaanjel sama paur aja

    ReplyDelete
  12. Masih lama gak ya om? Pngen bawa motor tapi ngerii

    ReplyDelete
  13. Masih lama gak ya om? Pngen bawa motor tapi ngerii

    ReplyDelete
  14. Berbagi kisah ya,saya sudah 2 bln pasca operasi clavikula kanan blum bisa ngangkat tangan,waktu itu saya coba kerja swlama 5 hari tpi saya rasa malah ada bendolan dan kawat itu muncul tpi gk sampai tembus hanya saja kadang terasa nyeri,bgaimana menurut rekan apakah ada yg seperti saya dan bgaimana penanganannya?

    ReplyDelete
  15. Berbagi kisah ya,hampir 2 bln pasca operasi clavicula kanan tangan saya blum bisa keangkat,kmrin sempat saya kerja 5 hari tpi saya kurang nyaman dan saya rasa ada bendolan yg nampak dan kawatnya nonjol tapi gk sampai tembus,terkadang kerasa nyeri,apa mungkin posisi tidur saya yg salah sehingga menyebabkan pelat itu timbul atau gmana,apa rekan ada yg merasakan hal yg sama,mhon masukan dan berbagi kisah.trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  16. salam,
    saya pendatang baru nih, baru patah selangkah kanan akibat jatuh dari motor pas pulang kerja.

    mohon saran suhu yang sudah pengalaman, adakah kelu kesah ketika sesudah operasi dan pasang pen ?
    apakah ada keluhan dari teman2 ?

    ReplyDelete
  17. Salam
    Kalau rasa nyeri kesemutan pegal itu emg wajar,nti juga akan berkurang seiring pertumbuhan tulang. Usahakan posisi tidur tdk menindih atau miring ke posisi tulang yg patah

    ReplyDelete
  18. saya juga mengalami patah tulang yang sama.saya bawa ke ahli patah tulang juga tidak tersambung.namun tangan saya sudah bisa bergerak.gimana ya?saya bawa ke dokter apa tidak. masalahnya saya sdh kelas 3 d smk.takut mengganggu sekolah saya,tolong dibantu

    ReplyDelete
  19. Saya baru 2 minggu patah kanan... cuma di urut... sekarang suka nyeri sama bunyi kletuk... harus bagaimana sebaiknya saya.... apa harus pasang pen. Kta tkang urut si rnggl nunggu tumbuhnya sumsum tulang biar nyatu... tpi gerak mulu gmn nyambungnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut sya solusi memasang plat atau pen lebih kongkrit karena saya juga mengalami hal yang sama, teman saya juga ada yang patah tulang selangka juga tp di bawa ke tukang urut, setelah beberapa tahun tulangnya belum tersambung sampai sekrang...
      Sebaiknya emang jgn di gerakin terlalu memaksa, kalau sudah mulai terasa lebih baik di hentikan soalnya kalau terlalu lama di diemin tu tangan lebih lama sembuhnya...

      Delete
    2. Gamat Gold Kapsul mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati tulang, sendi, patah tulang dan nyeri sendi. Harga Rp. 225.000,- (60 Kapsul). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : d30f9093). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com.

      Delete
  20. saya pernah patah tulang di lokasi paha, saat ini memang sudah sembuh berkat berobat di alternatif,, tapi dislokasi,, sehingga kaki saya panjang sebelah,,, nah,, apakah masih bisa dioperasi secara medis dengan harapan bisa normal kembali, saat ini usia saya yang 27 th.. mohon masukannya,,,

    ReplyDelete
  21. Mas... mohon iƱfo ya..oprasi paha kira2 hbis brpa yaa..sya pendrita ptah tulang paha kiri .umur sya 19 thun.. sya hbis brobat di alternatif sidoarjo.. tpi sya gk yakin . Krna pnjang sbelah. Sya sdh jalani 2 blan nmun gk ada prubahan... mau oprasi biyaya gk ad.. tpi tkut hasilnya jelek . Smpek2 sya stiap mlm kdang nangis ndri.. ggk bsa tdr.. gara2 kaki yg tdk pas pnjang dan posisinya.. gmna solusinya mas ..tolong ya mas

    ReplyDelete
  22. Ass..mas saya baru 5 minggu habis operasi tulang kering kaki tapi sampai saat ini saya masih bengkak dan kesemutan di telapak kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gamat Gold Kapsul mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati tulang, sendi, patah tulang dan nyeri sendi. Harga Rp. 225.000,- (60 Kapsul). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : d30f9093). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com.

      Delete
  23. alat bantu apa yg bisa memepercepat penyembuhan patah tulang?

    http://perbanelastis.blogspot.co.id/p/exocrepe.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gamat Gold Kapsul mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati tulang, sendi, patah tulang dan nyeri sendi. Harga Rp. 225.000,- (60 Kapsul). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : d30f9093). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com.

      Delete
  24. Trimakasih byk mas sharingnya. Karna sy mengalami case yg sama. Dan sdg dlm masa penyembuhan pasca operasi. Smoga hasil operasinya sama2 memuaskan..

    ReplyDelete
  25. Trimakasih byk mas sharingnya. Karna sy mengalami case yg sama. Dan sdg dlm masa penyembuhan pasca operasi. Smoga hasil operasinya sama2 memuaskan..

    ReplyDelete
  26. Ass...mas sy mau tanya, setelah pasang pen di tulang selangka apakah ada alergi? Dan brp lama waktu yg diperlukan untuk melepas pen tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam, alerginya paling terhadap plester saja, bisa lepas pen sekitar 1 tahun atau 2 tahun dilihat kondisi tulangnya sudah tersambung dengan sempurna atau blm..

      Delete
  27. Sifilis atau raja singa adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Sifilis adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS). Umumnya, infeksi ini menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Selain melalui hubungan intim, bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh penderitanya, misalnya melalui darah.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

    ReplyDelete
  28. Gamat Gold Kapsul mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati tulang, sendi, patah tulang dan nyeri sendi. Harga Rp. 225.000,- (60 Kapsul). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : d30f9093). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  29. Egan saya baru mengalami musibah patah tula ng selangka kanan,sempat di di bawa ke rumah sakit unutk di cek pas di rontgen ternyata selangka kanan saya patah,dokter nyaranin operasi tapi pihak keluarga ngarahin berobat alternatif,sekarang sudah jalan 1bulan setengah dalam waktu 1 bulan saya sudah boleh lepas perban dan gips pada waktu itu tangan saya bener ngilu dan di bagian bahu sakit sekali sampai2 tidak bisa di gerakan,tapi seiring waktu berjalan setelah 1bulan sete gah saya rutinlatihan terapy di rumah dan alhamdulilah tangan saya sudah bisa di gerakan keatas samping dan juga belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ad wa atw ig mw tny2 gan soalx sya jga patah bahu kiri..

      Delete
    2. setelah sembuh dari alternatif, tulang selangkanya rata apa ada tonjolan,, punya saya ga rata nonjol, apakah ada efeknya

      Delete
    3. Saya juga barusan patah juga selangka kanan. Tapi gak terlalu parah.
      Sama dokter disarankan operasi, tapi kalau udah lewat sebulan mending gak usah di operasi.
      Sekarang sudah dpt 2 Mingguan Alhamdulillah rasa sakit nyeri dll udah hilang.
      Tinggal digerakkan ke atas gabisa masih sakit.
      Apa mungkin tulangnya masih blm tersambung sempurna ya kawan ?

      Delete
  30. Skrg gmn kndisix gan tanpa oprasi? Trus hsil ronsen lg ga smpe skrg skdr mlihat sdh nyambug ap blm?

    ReplyDelete
  31. Saya patah tulang selangka sdh 3 bln, berobat ke alternatif tulang sdh sembuh dan sdh bisa bawa motor sendiri, tapi msh kaku klo di angkat ke atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tonjolan tulang ga gan pas patah?

      Delete
    2. Sama dengan saya gan.
      Pas patah saya juga ada tonjolan tulang gan

      Delete
  32. Saya operasi selangka kiri tgl 25 november 2019. Ini masih dalam masa pemulihan dan besok jumat tgl 13 desember daru buka jahitan.. Bagi temen" semua yg kena musibah patah tulang untuk lebih yakinnya di rontgen dulu deh. Gimana bentuk tulangnya. Jika patahnya parah mending operasi saja.. saya sempet ragu juga tuk operasi, tp akhirnya jalan ygsaya ambil operasi.. mudah" an segera disembuhkan semua ya. Aamiin..

    ReplyDelete
  33. Pengalaman sy patah tulang selangka pd bulan april 2019. Sy berobat di alternatif di daerah setu bekasi, hr pertama rasanya skt sekali, tapi dengan berjalan nya waktu tulang sy sdh nyambung kembali, dan ber aktifitas kembali di bulan ke 4. Tetap semangat pokok nya jgn down, mau itu pakai dokter mau itu pakai dukun patah tulang semua nya sama saja kita iktiar dan berusaha untuk sembuh,

    ReplyDelete
  34. Saya merasa aneh aja.setelah 9 hri patah tulang slangka kanan.sya bisa bawa motor vixion.pdahal tulang nya blm nyambung pho..mmg nyeri sih,tp msih bisa kok bawa motor ny....

    ReplyDelete
  35. Saya patah tulang selangka bulan juni 2020 saya bawa ke tukang pijit disini dikenal dgn sangkal putung. Tulang saya tidak nyambung sprti semula tetapi numpuk (tdk pas nyambungnya) sudah 3 bulan yg lalu tepatnya.. bulan ini september sya ingin operasi tapi masih bimbang banyak yg bilang berbagai pengalaman, resiko versi dioperasi dan tanpa operasi.. saya bingung, merasa ragu"..

    ReplyDelete