Sunday 21 October 2012

Analisis kegiatan bisnis perdagangan indonesia



Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran uang dalam setiap transaksinya. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual.
Dalam kegiatan bisnis,perdagangan merupakan hal yang sangat umum terjadi karena sebagian besar kegiatan bisnis berasal dari perdagangan itu sendiri khususnya di indonesia,biasanya dalam hal perdagangan barang maupun perdagangan jasa.
Namun sering terjadi hambatan perdagangan yaitu regulasi atau peraturan pemerintah yang membatasi terjadinya perdagangan bebas.
Bentuk-bentuk hambatan perdagangan diantaranya:
  • bea cukai  yaitu pajak untuk produk-produk impor.
  • Kuota untuk  membatasi banyaknya unit yang diimpor guna membatasi jumlah barang tersebut di pasar dan menaikkan harganya
  • Subsidi yang merupakan bantuan pemerintah kepada produsen lokal. Subsidi dihasilkan dari pajak. Bentuk-bentuk subsidi diantaranya bantuan keuangan, pinjaman dengan bunga rendah dan lain-lain.
Arumen untuk hambatan perdagangan sebenarnya merupakan perlindungan perdagangan dan industri lokal. Dengan tiadanya hambatan perdagangan, harga produk dan jasa dari luar negeri akan menurun dan permintaan untuk produk dan jasa lokal akan berkurang sehinga akan menyebabkan matinya industri lokal secara perlahan. Alasan lainnya yaitu untuk melindungi konsumennya dari produk-produk yang dirasa tidak patut dikonsumsi, contohnya barang yang tidak layak di konsumsi karena telah mengandung zat-zat senyawa yang berbahaya bagi konsumen
Di Indonesia, hambatan perdagangan banyak digunakan untuk membatasi impor pertanian dari luar negeri untuk melindungi petaninya dari anjloknya harga lokal.
Menurut analisis penulis,kegiatan bisnis perdagangan khususnya yang terjadi di Indonesia tetap dapat berjalan dan berkembang lebih baik jika tetap adanya kepedulian dari pemerintahnya yang melindungi perdagangan lokalnya dengan lebih mengungguli industry lokalnya sehingga perdagangan Indonesia dapat menembus ke Negara lain dan menaikkan nilai ekspor.

No comments:

Post a Comment