Friday 26 October 2012

Mengenal Richard Branson CEO virgin grup


Siapakah sosok Branson?

Mungkin hanya sedikit diantara kita yang kenal sama sosok beliau yang satu ini yang super jenius yang menjadi semangat bagi para penggemarnya.
beliau ada Richard Charles Nicholas Branson (lahir di Blackheath, London, 18 Juli 1950),seorang industrialis asal Inggris yang terkenal karena berhasil mendirikan banyak perusahaan yang berjumlah ratusan dibawah bendera kerajaannya yang bernama “VIRGIN GROUP”.
Sosok yang selalu tampil dengan rambut yang gondrong disertai jenggot dan kumis yang menghiasi wajahnya dalam keseharian membuatnya selalu tampak sederhana


Kegagalan Branson di awal kesuksesannya
Namun siapa sangka bahwa pria sukses ini tidak pernah menyelesaikan pendidikan saat masih SMA dan sering kali dipanggil orang yang gagal.tapi dia tak pernah tenggelam dalam kegagalannya itu justru dia malah menikmati kegagalannya. Ya... betapa dengan tanpa label pendidikan apapun? Branson kemudian mampu membuktikan diri sebagai sosok tangguh yang memegang prinsip "nothing to lose kala melakukan sesuatu. Baginya : Gagal tak apa-apa, sukses tentu luar biasa. Apalagi dengan usia yang masih muda, jika gagal ia masih ada waktu untuk bangkit. Karena menurutnya, kehidupan sebenarnya dimulai saat usia seseorang berusia 24 tahun.



Perjalanan Bisnis Richard Branson hingga menjadi bilyuner

Richard Branson memulai karir pertama entrepreneurnya pada saat dia berumur 16 tahun, saat masih bersekolah di Stowe School (SMU).pada umur yang masih sangat muda itu Branson sudah bisa menerbitkan majalahnya sendiri yaitu majalah “Student”.selain sebagai pemilik editor majalah tersebut, Branson juga menulis sendiri semua tulisan yang ada dimajalah “student”.
Branson mengerjakannya sendiri karena memotivasi dirinya sendiri untuk membuktikan pada semua orang yang mengenalnya dulu bahwa dirinya sanggup dan mampu menaklukkan bidang membaca dan menulis yang sebenarnya menjadi titik yang paling lemah bagi dirinya karena saat masih disekolah dia dicap sebagai murid yang paling malas oleh guru dan teman-temannya karena tidak bisa membaca dan menulis dengan baik

Petualangannya pun berlanjut kala di usia 17 tahun ia mendirikan Student Advisory Centre, yang merupakan layanan cuma-cuma untuk membantu kalangan muda.

Tahun 1970 mungkin menjadi awal kesuksesannya kala ia berhasil mendirikan Virgin Record pada tahun tersebut. Virgin Record sendiri awalnya ialah sebuah perusahaan sederhana pengecer rekaman. Dari yang semula mengecer rekaman dengan cara Mail Order hingga akhirnya ia mampu membuka sebuah toko rekaman di Oxford Street, London. Dua tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 1972? Atas kejeniusan pemikirannya, sebuah studio rekaman di bangun di Oxfordshire, dan di situlah artist Virgin pertama, Mike Oldfield, merekam “Turbular Bells” yang diluncurkan pada tahun 1973.

Album ini terjual sampai lebih dari 5 juta kopi! Sejak saat itu banyak nama populer termasuk Belinda Carlisle, Genesis, Phil Collins, Janet Jackson, dan The Rolling Stones telah membantu menjadikan Virgin Music salah satu di antara enam perusahaan Rekaman terbesar di dunia.

Imbasnya pun tak main-main. Kekayaan Virgin Music Group-Perusahaan Rekaman, Penerbitan Music, dan studio rekaman di jual kepada THORN EMI pada tahun 1992 dalam sebuah transaksi senilai 1 milliar dollar AS.

Virgin Group sekarang berkembang menjadi Mega Store untuk musik internasional, maskapai penerbangan, dan bisnis-bisnis dalam bidang seluler, keuangan, eceran, musik, internet, minuman, kereta api, hotel dan tempat pelancongan, dengan sekitar 200 perusahaan di lebih dari 30 negara.

Untuk salah satu anak usahanya yakni Virgin Atlantic Airways, yang berdiri pada 1984? Sampai saat ini eksistensi perusahaan itu masih sangat diperhitungkan di kalangan pelaku usaha transportasi penerbangan Amerika Serikat, hingga sekarang menjadi nomor dua terbesar untuk penerbangan internasional jarak jauh di kawasan Amerika Serikat dan sekitarnya.

Dan untuk menunjang kinerja mereka, Virgin Group bahkan sudah mengoperasikan sejumlah armada pesawat Boeing 747 dan Airbus A340 mereka untuk melayani rute penerbangan ke berbagai kota seperti New York, Miami, Boston, Los Angeles, Orlando, San Fransisco, Hongkong, Johannessburg, Tokyo, Las Vegas, Delhi, Lagos, Port Harcourt, Shanghai, dan kepulauan Karibia.

Branson memang sudah sejak awal mendesain betapa Maskapai penerbangan ini haruslah menjadi maskapai yang didasarkan pada konsep penawaran layanan kompetitif tetapi bermutu tinggi untuk Upper Class, Premium Economy, dan Economy. Maskapai ini telah memenangkan sejumlah penghargaan penting, termasuk beberapa kali menerima Airline of The Year Award.


Dia sudah membuktikan bahwa kelemahan bukanlah penghalang buat kita untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Dia tidak bersembunyi dibalik kelemahan dia bahkan cenderung berani menantang kelemahannya tersebut.

Dan hal paling utama untuk meraih itu, menurut Richard Branson terletak pada "keberanian mental yang seharusnya tak henti kita asah". Ia sendiri merasa bahwa keberanian itu haruslah ia asah dengan membuat keputusan tak biasa : keluar sekolah di usia muda. Tetapi -menurut Richard Branson lagi- seorang pemuda tangguh dan keren luarbiasa ialah mereka yang berani mempertahankan cara uniknya sendiri tanpa terpengaruh dengan apa yang orang lain lakukan. Karena pada hakikatnya setiap orang memang dianugerahkan Tuhan berbagai cara dan jalan yang berbeda untuk meraih segala kesuksesan.
Branson tidak menyarankan semua anak muda untuk mengikuti jejaknya keluar dari pendidikan untuk meraih kesuksesan tetapi ia menyarankan agar semua anak muda menuntaskan semua misi dan mimpi mereka dengan kesuksesan


No comments:

Post a Comment