Friday 31 January 2014

Persaingan Koperasi

               Koperasi Indonesia berperan dalam membangun dan mengembangkan potensi kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat. Bentuk peranannya dapat berupa upaya dalam  mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa. Peran koperasi Indonesia diatur dalam UU No. 25 tahun 1992 Pasal 4. Peranan koperasi Indonesia diterapkan dalam berbagai pasar persaingan.

                    Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang harganya ditentukan oleh keseimbangan permintaan dan penawaran. Koperasi yang menjual produknya ke pasar persaingan sempurna hanya dapat mengikuti harga pasar. Koperasi tidak akan dapat mempengaruhi harga pasar walaupun seluruh produk anggotanya dikumpul dan dijual melalui koperasi. Persaingan harga tidak cocok diterapkan oleh para pelaku bisnis termasuk koperasi dalam pasar persaingan sempurna. Koperasi harus mampu bersaing dalam hal biaya untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.
             Pasar persaingan monopolistik dapat diartikan sebagai pasar monopoli yang bersaing. Produk yang dijual di pasar ini bukanlah produk homogen. Masing-masing produk memiliki daya substitusi antara satu sama lainnya. Koperasi yang ingin memaksimumkan keuntungan di pasar ini harus mampu menghasilkan produk yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Strategi dan taktik bisnis dalam promosi akan banyak menentukan perbedaan tersebut. Kekuatan koperasi dalam menentukan harga produknya akan semakin besar apabila produknya mengarah pada bentuk pasar monopoli.

                Pasar Oligopoli adalah bentuk pasar yang terdiri dari beberapa produsen yang menguasai penawaran. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar. Produk yang dijual bisa bersifat sejenis namun berbeda mutunya. Keputusan penentuan harga harus dipertimbangkan dengan perusahaan lain. Perusahaan atau koperasi yang ingin terjun ke dalam pasar oligopoli ini diperlukan modal yang tinggi. Peran koperasi dalam pasar ini adalah sebagai pengecer berbagai jenis produk dari beberapa produsen. Keuntungan koperasi diperoleh dari laba penjualan.

No comments:

Post a Comment