Latar
Belakang
Penghargaan dan sistem prioritas
terhadap kondisi yang mempengaruhi faktor-faktor dalam industri pariwisata
merupakan salah satu hal langkah terpenting dalam membangun tujuan dan rencana
strategis jangka panjang baik secara regional maupun nasional.
Tujuan
Penelitian ini dilakukan agar dapat
mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi industri pariwisata. Terutama bagi
pemerintah agar dapat mengambil pelajaran dari hasil penelitian dan mengetahui
faktor apa saja yang berpotensi meningkatkan sektor pariwisata dan berusaha
mengembangkannya dengan maksimal sehingga industri pariwisata di Iran dapat berkembang.
Metodologi
Riset ini menggunakan studi literatur dan
Delphi Model serta informasi pariwisata
lainnya, faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi industri
pariwisata di Iran dan penerapan Expert
Choice Software dan matriks perbandingan, pembobotan dimensi, kriteria dan
sub-kriteria yang dikalkulasikan. Dengan sistem prioritas dari faktor internal
dan eksternal dalam industri pariwisata Iran, bisa menjadikan faktor eksternal
menjadi lebih bermanfaat. Untuk membuat determinan jumlah sample, digunakan Morgan Formula. Total kumlah sample
adalah 278 dengan menggunakan metode
sampling dan teknis yang dipilih dari setiap negaranya.
Kesimpulan
Perkembangan industri pariwisata di Iran
dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor
eksternal yang mempengaruhi perkembangan industri antara lain, faktor politik,
faktor ekonomi, faktor kompetitif dan faktor geografis. Sengketa politik
menjadi faktor utama yang mempengaruhi perkembangan industri pariwisata di
Iran, kemudian situasi ekonomi dunia juga mengambil peran dalam perkembangan
industri ini. Selain itu, negara tetangga Iran merupakan saingan terberat dalam
mengembangkan industri yang ada karena sebagian besar negara tersebut
menawarkan pesona alam yang sama menawannya dengan Iran tanpa dibayangi masalah
sengketa politik dan lainnya.
Letak geografis Iran membuat wisatawan
harus benar-benar merencanakan keberangkatan diwaktu yang tepat, karena tidak
pada semua musim kita bisa nyaman berkunjung ke Iran. Jika salah dalam memperhitungkan
cuaca dan musim, kita tidak akan bisa menikmati liburan dengan nyaman lantaran
cuaca yang begitu panas ataupun hujan yang terus menerus sampai bisa
menyebabkan banjir.
Faktor internal yang mempengaruhi
industri pariwisata Iran diantaranya adalah favorability,
faktor hokum dan negara. Favorability
yang dimaksud disini adalah dalam hal produk khas yang biasa dijadikan sebagai
buah tangan wisatawan untuk dibawa kembali ke negara asal dan juga atraksi atau
pameran-pameran khas Iran yang bisa menarik wisatawan untuk datang kembali ke
Iran untuk melihat pertunjukkan tersebut.
Kemudian, faktor hokum dan negara,
seperti kita ketahui sebelumnya bahwa iran memiliki beberapa undang-undang
khusus yang tidak ada di negara lain sehingga banyak wisatawan yang merasa
tidak nyaman dengan peraturan tersebut. Iran juga memiliki citra yang kurang
baik di mata wisatawan dari beberapa negara yang menyebabkan pariwisata di Iran
kurang berkembang.
Poin terbesar adalah agar Iran dapat
meminimalisasi konflik dalam negeri serta bersikap lebih terbuka dan ramah
kepada wisatawan serta mulai memperkenalkan kebudayaan setempat agar wisatawan
lebih banyak lagi yang ingin datang dengan berbagai pengalaman menarik.
udah bro
ReplyDelete