Thursday 9 May 2013

Review : Recognition and Prioritization of Internal and External Factors Affecting Development Strategies of Iran Tourism (Ramin Asadi, 2011)



Latar Belakang
Penghargaan dan sistem prioritas terhadap kondisi yang mempengaruhi faktor-faktor dalam industri pariwisata merupakan salah satu hal langkah terpenting dalam membangun tujuan dan rencana strategis jangka panjang baik secara regional maupun nasional.

Tujuan
Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi industri pariwisata. Terutama bagi pemerintah agar dapat mengambil pelajaran dari hasil penelitian dan mengetahui faktor apa saja yang berpotensi meningkatkan sektor pariwisata dan berusaha mengembangkannya dengan maksimal sehingga industri pariwisata di Iran dapat berkembang.

Metodologi
Riset ini menggunakan studi literatur dan Delphi Model serta informasi pariwisata lainnya, faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi industri pariwisata di Iran dan penerapan Expert Choice Software dan matriks perbandingan, pembobotan dimensi, kriteria dan sub-kriteria yang dikalkulasikan. Dengan sistem prioritas dari faktor internal dan eksternal dalam industri pariwisata Iran, bisa menjadikan faktor eksternal menjadi lebih bermanfaat. Untuk membuat determinan jumlah sample, digunakan Morgan Formula. Total kumlah sample adalah 278  dengan menggunakan metode sampling dan teknis yang dipilih dari setiap negaranya.

Kesimpulan
Perkembangan industri pariwisata di Iran dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan industri antara lain, faktor politik, faktor ekonomi, faktor kompetitif dan faktor geografis. Sengketa politik menjadi faktor utama yang mempengaruhi perkembangan industri pariwisata di Iran, kemudian situasi ekonomi dunia juga mengambil peran dalam perkembangan industri ini. Selain itu, negara tetangga Iran merupakan saingan terberat dalam mengembangkan industri yang ada karena sebagian besar negara tersebut menawarkan pesona alam yang sama menawannya dengan Iran tanpa dibayangi masalah sengketa politik dan lainnya.
Letak geografis Iran membuat wisatawan harus benar-benar merencanakan keberangkatan diwaktu yang tepat, karena tidak pada semua musim kita bisa nyaman berkunjung ke Iran. Jika salah dalam memperhitungkan cuaca dan musim, kita tidak akan bisa menikmati liburan dengan nyaman lantaran cuaca yang begitu panas ataupun hujan yang terus menerus sampai bisa menyebabkan banjir.

Faktor internal yang mempengaruhi industri pariwisata Iran diantaranya adalah favorability, faktor hokum dan negara. Favorability yang dimaksud disini adalah dalam hal produk khas yang biasa dijadikan sebagai buah tangan wisatawan untuk dibawa kembali ke negara asal dan juga atraksi atau pameran-pameran khas Iran yang bisa menarik wisatawan untuk datang kembali ke Iran untuk melihat pertunjukkan tersebut.

Kemudian, faktor hokum dan negara, seperti kita ketahui sebelumnya bahwa iran memiliki beberapa undang-undang khusus yang tidak ada di negara lain sehingga banyak wisatawan yang merasa tidak nyaman dengan peraturan tersebut. Iran juga memiliki citra yang kurang baik di mata wisatawan dari beberapa negara yang menyebabkan pariwisata di Iran kurang berkembang.

Poin terbesar adalah agar Iran dapat meminimalisasi konflik dalam negeri serta bersikap lebih terbuka dan ramah kepada wisatawan serta mulai memperkenalkan kebudayaan setempat agar wisatawan lebih banyak lagi yang ingin datang dengan berbagai pengalaman menarik.

1 comment: