Thursday 9 May 2013

Review : Factors Affecting Sustainability Development: High-Tech Manufacturing Firms in Taiwan (Kris M. Y. Law, 2009)



Latar Belakang
Pembangunan keberlanjutan merupakan isu terpenting saat ini dalam industri teknologi tinggi. Pertumbuhan organisasi maupun firma yang telah menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan juga turut berkontribusi dalam tujuan perkembangan strategi. Riset ini didasari pada perusahaan manufaktur di Taiwan. Taiwan, karena masalah geografis, ekonomi dan sejarahnya, maka dijadikan contoh untuk negara-negara lainnya. Taiwan memegang posisi 3 (tiga) tertinggi dalam pasar elektronik di Asia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Tujuan
Untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi strategi perkembangan keberlanjutan dan implementasinya serta pembelajaran tentang hubungan antara faktor motivasi dengan readiness of implementation pada strategic level dan tactical level pada perusahaan manufaktur di Taiwan.

Metodologi
Metodologi yang dipergunakan dalam riset ini adalah riset model, metode kuantitatif (sistem kusioner), pengumpulan data, dan membuat result dari data yang telah disusun sebelumnya.

Kesimpulan
Banyak sekali faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan dalam implementasi strategi keberlanjutan di Industri Teknologi. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi perkembangan keberlanjutan dibagi menjadi dalam 3 bagian, management, internal factors dan external factors.
1.        Management
·      Strategi dan Kebijakan
·      Pola pikir
2.        Internal Factors
·      Sistem
·      Pengukuran
·      Kebutuhan yang lebih tinggi
·      Performance enhancement
3.        External Factors
·      Hukum dan regulasi
·      Tekanan social
·      Tren Pasar
·      Kompetisi

Faktor utama disini adalah persaingan pasar global. Riset ini mengidentifikasi kunci utama dalam faktor motivasi yang mempengaruhi strategi keberlanjutan dan hubungan antara faktor motivasi dengan perusahaan yang mengadopsi strategi ini (management willingness) dan level taktis (resource allocation dan attitudes).

No comments:

Post a Comment